Profil Wanita Ruth 1

Pepatah berkata “ Tak kenal maka tak sayang “.

Ini yang mendorong kami membuat tulisan sekilas tentang Pelayanan kelompok WANITA RUTH. Adapun tujuannya untuk memperkenalkan bentuk pelayanan dan kegiatannya. Dari ide terbentuknya, visi dan misi, serta lingkup aktivitasnya.

Dinamai “Kelompok” karena pada mulanya hanya tediri dari sekelompok kecil wanita, yang pada saat itu tergabung dalam kelas pelajaran Alkitab hari minggu dibawah asuhan Ibu Pdt. Maria Magdalena Mandey, selaku Ibu Gembala dari GPdI Ketapang.

 

Ide pelayanan ini timbul dari dua wanita yang rindu melayani Tuhan dengan hartanya dan kemudian mencari kawan-kawan untuk mendukung idenya. Setelah didoakan, ide ini terarah kepada anak-anak Panti Asuhan, sesuai Yakobus 1 : 27.

Maka sejak akhir Januari 1994 sekelompok wanita yang terdiri dari 14 orang ini setiap bulannya rutin memberikan persembahan tetap. Dana ini dikumpulkan lalu disalurkan: pertama kali kepada seorang pengelola panti GPdI yang tidak kami kenal, yang datang mengajukan permohonan bantuan untuk anak-anak pantinya. Inilah tanda dari Tuhan bagi kami untuk meneruskan pelayanan ini.

Setelah berjalan beberapa tahun, akhirnya pada tahun 1997 terbentuklah susunan kepengurusan secara resmi dengan nama Kelompok WANITA RUTH.

Kisah Ruth dalam alkitab mengilhami pelayanan kelompok ini. Ruth adalah seorang wanita yang hanya memungut bulir-bulir jelai yang terjatuh, ia tidak memetik. Demikian juga diharapkan, uang yang diberikan untuk pelayanan ini adalah merupakan hasil sisihan uang belanja /jajan sehari-hari.

Sehubungan dengan inflasi tiap tahun, terlebih di tahun 1998 saat krisis moneter, dimana kebutuhan panti meningkat dan bantuan dari Ruth pun perlu ditambahkan, maka pada saat itu ibu Gembala memberi himbauan untuk menaikkan iuran keanggotaan. Nilai kenaikan tidak ditetapkan, mengingat kemampuan tiap anggota berbeda. Nilai pemberian diberikan menurut kemampuan dan kerelaan masing-masing anggota.

Keanggotaan WANITA RUH yang pada saat ini berjumlah 80 orang dibagi dalam beberapa kelompok kecil. Adapun tujuannya untuk memudahkan pengumpulan dana. Tiap kelompok diketuai oleh salah satu anggotanya, yang bertugas menerima iuran dari anggota kelompoknya. Umumnya anggota akan memilih ketua kelompok yang sering/ mudah ditemuinya saat kebaktian. Namun ada pula yang memberi dengan mentransfer ke rekening bank WANITA RUTH. BCA cabang Sunrise A/C 6500018648 a/n Linda Indriani.

Tiap aktivitas, perencanaan, pemakaian uang serta hal penting lainnya yang menyangkut pelayanan dilakukan dibawah koordinasi ibu Gembala selaku penasehat.


Beberapa kegiatan WANITA RUTH:

1. Kunjungan ke Panti Asuhan
Dilakukan baik dengan sepengetahuan pihak panti, maupun secara mendadak. Untuk mengetahui kondisi anak-anak, tempat tinggal, serta melihat langsung apakah dana yang disalurkan telah dipergunakan sebagaimana mestinya.

2. Kebaktian doa dan puasa
Diadakan setiap bulan di gereja atau di rumah anggota yang menyediakan tempat. Waktu dan tempat diinformasikan melalui pengumuman dan multimedia gereja pada saat kebaktian hari minggu.

3. Paduan Suara
WANITA RUTH setiap bulan mendapat tugas untuk mengambil bagian pelayanan dalam acara kebaktian hari minggu, sehingga diadakan latihan paduan suara pada setiap hari jumat jam 11.00 – 13.00. Semua anggota dihimbau untuk turut dalam pelayanan ini. Setiap keperluan dalam pelatihan paduan suara tidak menggunakan dana dari kas wanita ruth, melainkan dibiayai secara swadaya oleh setiap peserta paduan suara. Hal ini merupakan bentuk tanggung jawab pengurus kepada setiap anggota wanita ruth, khususnya dalam hal pengelolaan dana kas.

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)