Kisah perjalanan PELGAP Emaus

Banyak pasangan muda yang sebelum menikah telah aktif dalam pelayanan, namun setelah menikah mereka hanya pergi beribadah di hari Minggu saja. Maka timbul gagasan dari Bapak dan Ibu Gembala untuk menghimpun mantan aktivis muda yang sudah menikah untuk berkumpul bersama, saling tukar pengalaman dan pengarahan dalam Firman Tuhan.

Dimulai 5 Juli 1976, di gedung gereja GPdI Ketapang lama. Kebaktian yang pertama kali diadakan jam 19.00 ini dihadiri oleh 8 pasang suami-istri. Firman Tuhan yang disampaikan oleh Bapak Gembala diambil dari Yosua 24:15b, “TETAPI AKU DAN SEISI RUMAHKU, KAMI AKAN BERIBADAH KEPADA TUHAN”. Kebaktian terus berlanjut dan dimulailah persekutuan ini dengan nama Keluarga Junior, yang ditetapkan setiap 2 minggu sekali. Tanggal 20 Agustus 1978 kebaktian Keluarga Junior diadakan di rumah-rumah anggota-anggotanya secara bergantian, selama gedung gereja sedang dibangun.

Pada tanggal 1 Februari 1980 bertempat di Jl. Siaga Raya / 17, Bapak Gembala menetapkan Sdr. Subianto Hadiwidjaja sebagai Koordinator Keluarga Junior, untuk masa kerja 2 tahun. Seiring dengan selesainya gedung gereja baru pada tanggal 18 April 1981, kebaktian Keluarga Junior kembali dipindahkan ke gereja, dan hari ibadah diubah menjadi setiap hari Jumat.

Pada tanggal 26 Januari 1982, Sdr. Ventje C. Singkoh diangkat menjadi Koordinator Keluarga Junior karena Sdr. Subianto diberikan tugas lain. Namun pada tanggal 12 Agustus 1988 Sdr. Ventje memutuskan untuk masuk ke Sekolah Alkitab, maka Koordinator diserahkan kepada Sdr. Ferry Wibowo. Pada acara HUT Keluarga Junior 26 Juli 1996, nama wadah ini dirubah menjadi PELGAP Emaus. Semoga perjalanan suami istri Kleopas, dalam perjalanannya berjumpa dengan Tuhan menjadi bagian berkat untuk para anggota Emaus lainnya.

 

Sejak tanggal 26 Februari 2001 Sdr. Ferry Wibowo diangkat menjadi Ketua Wadah baru yaitu wadah Akwila Priskila, sehingga jabatannya digantikan oleh Sdr. Welly Kurniawan. (Pada tanggal 20 Maret 2004 Sdr. Ferry Wibowo telah dipanggil Tuhan). Kepengurusan Emaus terus bergulir dan berlanjut kepada Sdr. Benny Djaja dari tahun 2006-2008, kemudian dilanjutkan oleh Sdr. Raymond Cahyadi. Sejak kepengurusan Sdr. Raymond masa kerja diubah menjadi 3 tahun per periode. Kemudian dalam masa kepengurusan tahun 2011-2014 wadah ini dikoordinir oleh Sdr. Budiyanto.



Pelayanan Keluarga Emaus memiliki sasaran menjangkau jiwa-jiwa yang telah berkeluarga, terutama yang berada dalam lingkungan GPdI Ketapang untuk bergabung dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan setiap kebaktian hari Jumat maupun aktivitas lainnya. Dalam dunia yang semakin jahat dan banyaknya tantangan bagi gereja menjelang kedatangan Tuhan Yesus Kristus yang kedua kali, pengurus PELGAP Emaus khususnya Bidang Acara mendapatkan tugas dan tanggung jawab agar pelayanan ini tidak mundur dan kurang bermanfaat karena jemaat tidak mendapatkan berkat rohani yang mereka butuhkan dari tahun ke tahun.

PELGAP Emaus berusaha untuk mengadakan acara atau program yang dapat memenuhi apa yang menjadi kerinduan jemaat untuk bergabung dalam wadah pelayanan ini.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh PELGAP Emaus di waktu-waktu lalu adalah:

Pernikahan Jemaat

Dalam program kerja Pengurus PELGAP Emaus sampai dengan tahun 2011, PELGAP Emaus turut ambil bagian dalam pelayanan mendukung Acara Pernikahan Jemaat bekerja sama dengan seksi Pelayanan Jemaat GPdI Ketapang. Adapun aktivitas yang dilakukan meliputi Pemimpin Pujian, Penyanyi Pengiring, Pemain Musik, Pengisi Acara bahkan membantu petugas gereja dalam mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk pengaturan Keluarga dan para tamu dalam hal Pencatatan Sipil, dan pemberian kenang-kenangan kepada pasangan yang berbahagia. Namun sejak tahun 2011 pelayanan ini diambil alih langsung oleh Majelis Gereja.

Bantuan Rumah Tangga Hamba Tuhan Daerah

PELGAP Emaus merasa terbeban atas pelayanan Hamba-Hamba Tuhan di daerah khususnya di daerah minus dimana kehidupan mereka sangat berkekurangan sehingga PELGAP Emaus mengambil bagian untuk membantu walaupun jumlahnya tidak besar tetapi banyak kesaksian dari mereka bahwa bantuan ini sangat membantu untuk pelayanan mereka. Namun sejak tahun 2011 pelayanan ini diambil alih oleh Majelis Gereja.

Foto Penyerahan Anak

PELGAP Emaus membuat foto pada setiap acara Penyerahan Anak di kebaktian umum. Tetapi sejak kepengurusan tahun 2008, pelayanan ini juga telah diserahkan kepada Sekretariat Gereja.

Emaus Ceria

Dulu banyak anggota keluarga muda yang beribadah di Emaus yang saat beribadah juga membawa serta anak-anak mereka yang masih kecil. Jadi pengurus membentuk kelompok Emaus ceria yang terdiri dari anak-anak tersebut, mengajarkan mereka menyanyi dan menari disaat orang tua mereka beribadah. Kemudian di acara-acara tertentu yang diadakan oleh PELGAP Emaus, kelompok Emaus Ceria ini bisa turut tampil dalam pelayanan. Namun hal ini sudah lama tidak diadakan.

Aktivitas yang masih terus berlanjut sampai pada periode kepengurusan 2011-2014:

Kebaktian PELGAP Emaus

Kebaktian diadakan setiap hari Jumat jam 19.00 bertempat di GPdI Ketapang lantai 2, Jl. KH Zainul Arifin 39, Jakarta Pusat. Pengurus berusaha untuk mengundang Pembicara/Pengkhotbah yang baik, terutama dari kalangan GPdI yang ada di Jakarta maupun di luar kota. Dalam ibadah ini juga diberikan kesempatan bagi siapa saja dari jemaat yang ingin bersaksi atas pertolongan Tuhan. Pengurus juga memberikan kesempatan bagi siapa saja dari jemaat yang berminat untuk melayani sesuai dengan talentanya masing-masing.

Bengkel Keluarga

Sejak kepengurusan tahun 2002 sampai dengan 2011, setiap minggu ke empat dari setiap bulan diadakan acara Bengkel Keluarga. Acara ini ditujukan untuk pemuridan dan persekutuan. Sesuai dengan arti namanya, acara Bengkel Keluarga ditujukan untuk memperbaiki hal-hal yang rusak atau tidak berjalan dengan semestinya di dalam keluarga. Acara ini bersifat interaktif, jemaat dapat mengajukan pertanyaan kepada pembicara di akhir pembahasan materi yang dikemukakan. Sejak kepengurusan tahun 2011-2014, acara ini tidak lagi ditetapkan dalam program waktu, tapi ditetapkan sebagai bagian dari acara rutin setiap 3 bulan sekali.

Doa Pengurus

Pengurus PELGAP Emaus menyadari semua program dan aktivitas yang dilakukan tanpa didukung dengan doa yang sungguh-sungguh tidak akan memberikan hasil yang baik. Pengurus mengadakan kegiatan doa sebulan sekali yaitu pada hari Sabtu minggu ketiga dari setiap bulan pada umumnya, dan diadakan secara bergiliran di rumah masing-masing pengurus. Namun beberapa tahun belakangan ini, kegiatan doa dilakukan di gereja GPdI Ketapang. Walau tidak menutup kemungkinan untuk diadakan di rumah anggota yang membuka rumahnya untuk doa bersama.

Café Emaus

Salah satu bentuk pelayanan kepada jemaat dari pengurus periode 2005-2008 sampai sekarang adalah Café insidentil yang dibuka antara jam 18.00-18.45. Menyediakan makanan ringan dan minuman sedehana, terutama bagi mereka yang datang ke kebaktian hari Jumat lebih awal karena langsung dari kantor atau tempat kerja dan tidak sempat untuk pulang ke rumah terlebih dulu. Ini diberikan secara gratis dan terbuka bagi semua jemaat yang hadir dalam kebaktian Emaus.

Paduan Suara Emaus

PELGAP Emaus mengisi paduan suara di kebaktian umum sebulan sekali, untuk hal ini PELGAP Emaus berlatih lebih sungguh-sungguh agar vocalnya lebih baik, semuanya hanya untuk kemulian bagi Tuhan. Waktu latihan ditentukan setelah ibadah rutin Emaus hari Jumat, 1 kali dalam seminggu, sehingga tidak akan menganggu acara-acara keluarga.

HUT PELGAP EMAUS

Kegiatan peringatan HUT PELGAP Emaus biasanya diadakan pada bulan Juni/Juli setiap tahun bertempat di gereja Ketapang. Pada tahun 2004 PELGAP Emaus mengelar acara Kantata memberikan berkat rohani dan kekuatan iman yang besar bagi seluruh jemaat yang hadir. Lalu di tahun 2011, sebagai salah satu acara HUT, ditampilkan pula drama dan orkestra remaja dan pemuda Ketapang. Beberapa kegiatan lain yang diadakan bersifat sosial adalah Donor Darah, Pengobatan Gratis bagi warga sekitar Gereja Ketapang, kunjungan ke Pemulung dan ke Panti Werdha Kedoya.

Pada HUT nya yang ke 37 PELGAP Emaus mengadakan serangkaian aksi sosial. Acara wisata bersama dengan Oma-oma dari Panti Werdha Kedoya ke Remaja Kuring Serpong pada tanggal 6 Juni 2013. Dan pada tanggal 27 Juli 2013 diadakan juga kegiatan Donor Darah di GPdI Ketapang dengan bekerja sama dengan pihak PMI Indonesia.
Tema dari HUT PELGAP Emaus tahun 2013 ini adalah “Mezbah Keluarga” dengan Ketua Panitia adalah Sdr. Wesley Tandayu. Yang melatar belakangi pemilihan tema adalah perlunya kita dengan kerendahan hati, memeriksa kembali diri kita dengan keluarga. Banyak pelayanan yang telah kita lakukan, namun pelayanan kita terhadap keluarga adalah yang terpenting dan mendasar. Apa itu Mezbah Keluarga? Pentingkah? Bagaimana membangunnya? Bila telah ada, bagaimana cara menjaganya tetap menyala? Mezbah Keluarga, berisikan doa, ucapan syukur, pujian dan persembahan, yang dinaikkan dua orang atau lebih – suami dan istri (bersama anak-anak) disitulah kuasa Tuhan terjadi dan terbukti.

Kebaktian Padang

Kebaktian Padang adalah salah satu program acara rutin yang diadakan setahun sekali dengan mengadakan kebaktian di luar kota Jakarta sekitar Jabotabek. Tujuannya adalah untuk persekutuan di antara anggota jemaat dalam suasana ibadah yang non formal sambil menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan diakhiri dengan bersantap siang bersama. Biasanya Kebaktian Padang diadakan selama satu hari saja. Tahun 2012 diadakan Kebaktian Padang di Rancamaya Bogor dengan Ketua Pelaksana Sdr. Tommy Silwanus. Di tahun 2013, dengan begitu padatnya rangkaian pelayanan PELGAP Emaus, maka untuk sementara Kebaktian Padang tidak diadakan dulu.

Family Camp

Salah satu program rutin PELGAP Emaus lainnya adalah Family Camp. Tujuan yang ingin dicapai adalah persekutuan dan pemuridan di antara para peserta dan jemaat pada umumnya. Family Camp pertama kali diadakan di Ciloto Indah Permai kemudian di Hotel Setia – Cipanas, Wisma Asih. Tahun 2002 & 2003 Family Camp diadakan di Renata Puncak, lalu tahun 2005 di Wisma Kinasih Caringin, dan terakhir di tahun 2012 adalah di Galaxy Resort di mana sebagai Ketua Pelaksana adalah Sdr. Jahja Pohan.

Kebaktian Kunjungan Antar Mimbar/ Eksternal

PELGAP Emaus juga rindu untuk menggapai keluarga-keluarga muda di luar lingkungan wadah, antara lain kunjungan ke rayon-rayon jemaat GPdI Ketapang, GPdI Jabodetabek & luar Jabodetabek. Tujuannya adalah :

  • Memberikan dorongan dan semangat bagi keluarga-keluarga melalui berita Firman Tuhan, kesaksian, paduan suara, dan lainnya
  • Menjalin hubungan persaudaraan di dalam Kristus
  • Memotivasi keluarga muda agar selalu tekun di dalam Tuhan

Kunjungan pada bulan Juni 2013 adalah ke Cibubur.

Saudara saudari dalam kasih, demikianlah sedikit ulasan siapa dan apa saja yang telah dirampungkan oleh perjalanan PELGAP Emaus selama ini. Beberapa orang telah mengambil bagian menjadikan dirinya masuk dalam sejarah pertumbuhan PELGAP Emaus. Sudah banyak pula yang pernah hadir dan yang masih ada sampai saat ini terus membantu pelayanan.

Dalam persekutuan saudara seiman dan beribadah mendengarkan Firman Tuhan di PELGAP Emaus, kita peroleh kekuatan bersama. Kita bertumbuh bersama untuk menjadikan masing-masing keluarga kita bertambah benar di mata Tuhan. Seiring waktu, perjalanan kami akan terus dilanjutkan.

Besar harapan kami, saudara dan saudari dapat turut mengambil bagian untuk bergabung bersama melayani Tuhan, mulai dari keluarga kita sendiri dan terus kepada keluarga lainnya. Tuhan Yesus memberkati.

Pustaka :
Buku Informasi PELGAP Emaus

 

 

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)