Ringkasan Khotbah

Khotbah Minggu, 15 Juli 2018

KEKUATAN CINTA
Ayat Pokok: Mazmur 26:8; 27:4
Oleh: Pdt. David Sudarmawan

Daud adalah seorang yang mengasihi Tuhan. Dari kecil sampai menjadi seorang raja, dia selalu ingin diam dalam rumah Tuhan. Meskipun sudah menjadi raja yang sangat terkenal dan dihormati oleh bangsanya, tidak membuatnya melupakan Tuhan. Hal ini nyata dalam ungkapan perkataannya, “TUHAN, aku cinta pada rumah kediaman-Mu dan pada tempat kemuliaan-Mu bersemayam” (Maz. 26:8). Cinta adalah suatu gairah yang kuat, satu kerinduan yang tidak bisa ditahan/dibendung oleh kekuatan apapun. Itulah kekuatan cinta; membuat Daud selalu ingin diam di rumah TUHAN seumur hidupnya, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya (Maz. 27:4).

Khotbah Minggu, 8 Juli 2018

KARUNIA
Ayat Pokok: Roma 12:6-8
Oleh: Pdt. Bobby Karundeng

Karunia, walaupun berbeda-beda, semuanya berguna untuk melayani Tuhan dan juga sesama. Dalam Alkitab ada tertulis, “Sebab seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama. Demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus. Tetapi kita masing-masing mempunyai karunia yang berlain-lainan. Ada karunia untuk bernubuat, ada karunia untuk melayani, ada juga karunia untuk mengajar, menasihati, membagi-bagikan sesuatu, memberi pimpinan, dan karunia menunjukkan kemurahan.” Baiklah kita melakukan semuanya itu dengan ikhlas dan sukacita.

Khotbah Minggu, 1 Juli 2018

PEMULIHAN / RESTORASI
Ayat Pokok: Kisah Para Rasul 3:21
Oleh: Pdt. Youke Mumu

Pemulihan/restorasi berkaitan erat dengan kedatangan Yesus yang kedua kali. Dalam ayat pokok sangat jelas dikatakan “Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu.” Pemulihan/Restorasi sudah dinubuatkan dalam Yehezkiel 37:1-10 tentang Pemulihan Bangsa Israel, yang juga berbicara tentang Pemulihan Gereja di Akhir Jaman.

Khotbah Minggu, 24 Juni 2018

PENGIKUT KRISTUS
Ayat Pokok: Lukas 5:27-28
Oleh: Pdt. Bram L. Pongoh

Pengikut Kristus adalah orang Kristen, bukan beragama Kristen. Orang Kristen adalah orang yang percaya kepada Kristus dan pasti sampai di sorga. Sedangkan orang yang beragama Kristen adalah pengikut gereja dan belum tentu sampai di sorga. Saudara termasuk yang mana?

Khotbah Minggu, 17 Juni 2018

UJIAN KEHIDUPAN
Ayat Pokok: 1 Korintus 10:13
Oleh: Pdt. Lydia Caroline Kairupan

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya. Demikian janji Tuhan yang tertulis dalam ayat pokok. Pencobaan itu ada dua macam: 1) Pencobaan karena kesalahan sendiri. 2) Pencobaan karena diijinkan Allah. Kedua pencobaan itu sama-sama tidak menyenangkan. Namun satu hal yang harus kita ingat dan yakini bahwa semua yang Tuhan ijinkan itu pasti baik adanya. Tuhan mengijinkan karena Tuhan tahu kemampuan kita.

Khotbah Minggu, 10 Juni 2018

KOBARKAN TERUS API PANTEKOSTA
Ayat Pokok: 2 Timotius 1:6
Oleh: Pdt. Horas Franto Nainggolan

Pertemuan Paulus dengan Timotius, Alkitab mencatat dalam pelayanan Paulus yang pertama kali bersama Barnabas (Kisah 13). Paulus melihat ada sesuatu yang luar biasa dalam kehidupan Timotius. Itu sebabnya rasul Paulus menasehatkan, "Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allah yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu." (2 Timotius 1:6). Ada dua alasan mengapa Paulus menasehatkan demikian: 1) Paulus teringat akan imannya; bagaimana dulu melayani Tuhan, semangat luar biasa, cinta mula-mula. 2) Adanya iman yang tulus ikhlas untuk terus melayani Tuhan dan terus berjuang untuk pekerjaan Tuhan. Bicara tentang iman, ada banyak hal yang kita bisa temukan di dalam Alkitab: Iman timbul dari pendengaran akan firman Allah (Roma). Tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah (Ibrani 11:6). Roh Kudus memberikan karunia iman kepada kita (Korintus).

Khotbah Minggu, 3 Juni 2018

YESUS DITINGGIKAN & DIMULIAKAN
Ayat Pokok: Yohanes 12:32
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Nikodemus, seorang Farisi yang berkedudukan sebagai pemimpin agama Yahudi, suatu malam datang kepada Yesus dan menyatakan kepercayaannya bahwa Yesus adalah guru yang diutus Alllah, datang dari Allah, katanya, “Sebab tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya.” (Yoh. 3:2). Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah” (ay. 5). Air yang dimaksud di sini adalah firman Allah; yang membuat kita menjadi manusia yang baru, yang dilahirkan bukan di bumi ini tetapi dilahirkan di dalam Kerajaan Allah.

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil