Senang ke Rumah Tuhan

Jadi bagaimana sekarang, saudara-saudara? Bilamana kamu berkumpul, hendaklah tiap-tiap orang mempersembahkan sesuatu: .., tetapi semuanya itu harus dipergunakan untuk membangun. (1 Korintus 14:26)

Mengapa Daud begitu rindu tinggal di rumah Tuhan seumur hidupnya dan bahkan bersukacita saat ada yang mengajaknya ke rumah Tuhan? Di zaman raja Daud, ia dan bangsa Israel bukan hanya memberi untuk pembangunan rumah Tuhan, tetapi juga untuk beribadah (1 Tawarikh 29:7).

Nats dalam 1 Korintus 14:26 jelas berkata, “Jadi bagaimana sekarang, saudara-saudara? Bilamana kamu berkumpul, hendaklah tiap-tiap orang mempersembahkan sesuatu: yang seorang mazmur, yang lain pengajaran, atau penyataan Allah, atau karunia bahasa roh,  atau karunia untuk menafsirkan bahasa roh, tetapi semuanya itu harus dipergunakan untuk membangun.”

Rasul Paulus mengajarkan, setiap orang percaya harus senang dan rela ke gereja untuk membawa dan mempersembahkan sesuatu ke dalam rumah Tuhan, bukan ke gereja semata-mata untuk sesuatu yang akan diterima.  Masing-masing membawa sesuatu dalam kumpulan ibadah. Mazmur atau puji-pujian pun ada kuasa Allah yang bekerja di dalamnya. Ada kesaksian di mana orangtua mengalami kesembuhan hanya melalui pujian yang dinyanyikan anaknya yang masih kecil kepada Allah.   

Hal-hal yang sejatinya juga dipersembahkan di rumah Tuhan adalah mazmur (nyanyian atau pujian), pengajaran firman Tuhan yang diilhamkan Allah, penyataan Allah atau kesaksian-kesaksian, karunia bahasa roh dan karunia menafsirkan bahasa roh. Semua ini harus ada dalam gereja, di mana tujuannya adalah untuk membangun jemaat. Jadi melalui apa yang kita persembahkan, orang-orang yang ke gereja dan mungkin mengalami kelelahan atau kelesuan rohani, mereka dibangunkan dan bangkit kembali. 

Saat ini banyak gereja yang mulai ‘tidur’. Tetapi sebagai orang-orang yang senang dan cinta rumah Tuhan, mari bangkit dan persembahkan sesuatu untuk gereja Tuhan, sehingga kita bisa membangun dan mempersiapkan jemaat sebagai mempelai untuk menyambut kedatangan Kristus. Jadilah umat yang senang ke gereja karena ada sesuatu yang akan kita berikan. (ahm)

DOA: “Biarlah aku selalu senang ke rumah-Mu, sebab aku tahu Tuhan, ada yang harus aku persembahkan, baik membangun dan mempersiapkan jemaat menyambut kedatangan-Mu. Amin.”

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil