Sarungkan Pedangmu!

Kata Yesus kepada Petrus: "Sarungkan pedangmu itu; bukankah Aku harus minum cawan yang diberikan Bapa kepada-Ku?" (Yohanes 18:11)

Bacaan kita hari ini mendeskripsikan kembali peristiwa yang tidak asing lagi buat kita. Tapi jika kita mencermatinya, ada hal menarik yang terdapat dalam kisah itu dan kita bisa petik pelajaran berharga dari kata 'Pedang'. Alkitab memberikan beberapa pengertian tentang pedang. Pedang bisa menjadi gambaran tentang firman Allah (Ibrani 4:12), namun pedang juga dapat berbicara mengenai kekuasaan (bandingkan dengan Roma 13:4 dan I Raja-Raja 3:16-28).

Dalam peristiwa penangkapan Yesus, ketika Ia mengatakan, sarungkanlah pedang itu pada tempatnya, sesungguhnya Yesus ingin memberikan pengertian agar kita menggunakan kekuasaan yang dianugerahkan-Nya pada waktu dan saat yang tepat, dengan sebaik-baiknya serta bijaksana.

Allah telah memberikan sekaligus mendelegasikan sebuah 'pedang' atau ‘kekuasaan' kepada kita. Allah memberikan kekuasaan kepada kita untuk mengatur dan memakai waktu dengan baik, meski banyak di antara kita yang justru menyalahgunakannya. Menghabiskan waktu hanya untuk kepuasan daging, hingga tidak menyisakan sedikit waktu pun untuk bersekutu dengan Tuhan. Ada juga yang diberikan harta melimpah oleh Tuhan, kemudian menyalahgunakan kekuasaannya atas harta demi kepuasan pribadi. Sebagian lainnya dianugerahi kedudukan yang strategis serta terpandang, sayangnya lagi-lagi mereka salah gunakan kekuasaannya hanya untuk memuaskan kepentingan pribadi semata.

Hari ini, jika Anda dipercayakan sebuah kekuasaan dari Tuhan, gunakanlah kekuasaan itu untuk kemuliaan bagi nama-Nya dan jadilah berkat bagi sesama. Perlu diingat selalu bahwa bila Anda menyalahgunakannya, ada akibat fatal yang akan terjadi dalam kehidupan Anda, seperti yang dialami Raja Ahab (1 Raja-Raja 21:1-29) dan Raja Daud (2 Samuel 11-12). Mintalah kekuatan Roh Kudus dalam menjalani kehidupan ini, sehingga Anda dapat menggunakan kekuasaan yang Tuhan berikan tidak dengan sesuka hati tapi dengan bijaksana dan disertai penuh rasa takut akan Tuhan. (aa) 

DOA: “Tuhan Yesus, berikanlah Roh Kudus-Mu dalam hidupku, agar aku tidak menyalahgunakan segala bentuk kekuasaan yang Engkau anugerahkan dalam hidupku. Amin.”

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil