Mengenal yang Tuhan Mau

Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebih dari pada korban-korban bakaran. (Hosea 6:6)

Kasih setia adalah sebuah perbuatan mengasihi karena seseorang setia kepada orang yang dikasihinya. Dengan kata lain, kasih setia adalah sebuah kesetiaan yang dilandaskan pada kasih. Ada banyak orang yang mengasihi pasangan hidupnya, pacarnya atau keluarganya, tetapi mereka tidak setia kepadanya. Seringkali ketidaksetiaan itu nampak lewat perilaku berupa perselingkuhan, ketidakjujuran dalam perkataannya, bahkan dengan perbuatan membohongi dan menipu mereka. Hal itu tidak baik, bukan?

Kasih setia adalah perbuatan yang dikehendaki oleh Tuhan. Ayat di atas menegaskan bahwa Tuhan menyukai kasih setia, lebih dari korban sembelihan. Yang dimaksud adalah persembahan berupa materi yang kita berikan kepada Tuhan, apakah itu berupa uang atau benda-benda lainnya. Bagian selanjutnya dari ayat itu merupakan pengulangan yang lebih menegaskan lagi. Tuhan mau agar kita memiliki pengenalan akan Dia, lebih daripada korban-korban bakaran berupa binatang yang dipersembahkan oleh umat Tuhan pada zaman dulu.

Kasih setia adalah salah satu sifat Tuhan yang tidak dapat berubah atau menjadi berubah. Kasih setia-Nya kekal dari dahulu sampai selama-lamanya. Tuhan juga menghendaki agar umat-Nya, yaitu anak-anak-Nya juga memiliki sifat yang demikian. Kadangkala sifat ini disebut  dengan karakter kesetiaan seseorang. Di mata Tuhan, kasih setia jauh lebih tinggi nilainya dibandingkan persembahan materi yang kita berikan kepada Tuhan.

Di tengah dunia yang telah banyak kehilangan kasih setia ini, marilah kita kembali kepada Tuhan dan mengenal apa yang Dia sukai. Mulailah dengan paradigma dan pola pikir yang baru, yaitu menyenangkan Tuhan bukan dengan persembahan materi semata, tetapi juga dengan hati yang penuh dengan kasih setia. Pengenalan akan Allah dapat kita peroleh lewat membaca Alkitab dan oleh bimbingan dari Roh Kudus, lewat pengalaman hidup dan masalah yang kita hadapi setiap saat. Tuhan mau hadir dalam hidup kita dan memberikan kerinduan untuk mengenal Dia. Kenalilah kasih setia-Nya. (phm)

DOA: “Ampunilah bila selama ini aku hanya menunjukkan kasihku lewat korban pemberian secara materi. Tolongku untuk memiliki kasih setia lewat pengenalan akan Engkau, Tuhan, Amin.”

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil