Usia Tak Bisa Dibohongi

Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap. (Mazmur 90:10)

Firman Tuhan menegaskan bahwa usia manusia semakin tua akan semakin merosot kondisinya dan akan banyak mengalami kesukaran dan penderitaan. Usia manusia tidak bisa dibohongi dengan segala daya dan upaya agar tetap kelihatan muda. Secara sadar ataupun tidak, banyak orang sering melakukan penipuan pada diri sendiri dengan berbagai cara dalam mempertahankan kemudaan. Contohnya: agar tampak tidak tua, berupaya memoles rambut yang sudah putih menjadi hitam. Kulit keriput dioperasi sehingga kembali kencang, mengkonsumsi obat-obatan agar terlihat segar, muda, dan bermacam-macam usaha lainnya. 

Pada umumnya manusia tidak suka bicara tentang penuaan, kematian, kefanaan. Manusia lebih suka bicara tentang umur panjang dan bagaimana mempertahankan tentang kehidupan, meski sadar ataupun tidak mereka adalah makhluk yang bisa meninggal satu saat nanti. Coba renungkan, berapa kali Anda sudah merayakan ulang tahun dan berapa kali pula Anda menghadiri perayaan ulang tahun orang lain? Dalam setiap perayaan pasti diperdengarkan lagu "panjang umurnya", yang merupakan doa serta harapan manusia yang ingin kekekalan dengan diberi umur panjang. Tapi kalau mau jujur pada diri sendiri, setiap kali kita berulang tahun umur kita memang bertambah satu tetapi masa hidup semakin pendek.
 
Kita harus sadar bahwa umur panjang adalah saat kita menerima Kristus sebagai Juruselamat karena Dialah yang menjanjikan hidup kekal nanti (Yohanes 11:25), oleh sebab itu orientasikan hidup kita ini pada hal yang kekal dan bukan hal yang fana. Kita fokuskan kepada hal-hal yang membawa kita dekat kepada Sang pencipta, sehingga dalam perjalanan hidup yang singkat ini kita mampu menyenangkan hati Tuhan dan membuat Dia puas dengan kehidupan yang telah kita jalani dalam dunia ini.

Usia kita tidak dapat dibohongi, dan Firman Tuhan dalam Roma 13:14 menasihatkan, jangan merawat tubuh ini untuk memuaskan keinginannya, tapi hiduplah dalam Kristus sehingga kehidupan kita menjadi terang. (aa)

DOA: “Ajar aku untuk tidak lupa mengisi hidupku dengan hal-hal yang bersifat kekal, ya Tuhan, agar setua apapun usiaku, aku boleh tetap merasakan damai sejahtera-Mu. Amin.”

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)