Orang yang Tidak Adil

Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? (1 Korintus 6:9a)

Dalam nats hari ini Rasul Paulus mengingatkan kita betapa pentingnya untuk berlaku adil. Adil kepada Tuhan, kepada diri sendiri dan juga adil terhadap sesama kita! Bahkan kita pun dituntut untuk berbuat adil dalam perkara-perkara biasa atau hal-hal rutin dalam hidup kita sehari-hari (1 Korintus 6:3). Mengapa penting kita berlaku adil setiap hari?  Marilah kita belajar mengenai beberapa kebenaran berikut:

Pertama, karena kita telah disucikan atau dikuduskan, dan dibenarkan dalam nama Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita (ayat  11). Sebab itu setiap kita diberi kemampuan oleh Allah untuk berlaku adil. Bukan dengan kuat dan gagah kita, tetapi oleh Roh Allah yang ada didalam kita.

Kedua, berlaku adil memberikan kebebasan sejati bagi hidup kita pribadi, sehingga kita tidak membiarkan diri diperhamba oleh suatu apapun yang bisa membuka celah bagi diri kita untuk dianggap tidak adil oleh lawan kita. Misalnya dalam hal makanan yang kita makan. Segala sesuatu halal, tetapi bukan semuanya berguna (ayat 12).

Ketiga, berlaku adil akan membangun integritas hidup kita sebagai  “bait Roh Kudus” yang diam di dalam kita (ayat 19). Berlaku adil juga harus diterapkan untuk kehidupan kita pribadi. Artinya, kita harus menjaga kekudusan tubuh kita sehari-hari. Menjaganya untuk Tuhan adalah bentuk sikap berlaku adil, yaitu bersikap tidak mau enak sendiri, yang kita buktikan kepada Tuhan dan sesama (ayat 13). Marilah kita mengikatkan tubuh, jiwa, roh kita kepada Tuhan agar menjadi satu Roh dengan Dia. Berlaku adil dengan cara menjaga dan merawat kekudusan tubuh kita merupakan cara memuliakan Allah dengan tubuh kita (ayat 20).

Sahabat, berlakulah adil dengan cara tidak menghakimi cara hidup orang lain. Berlaku adil dengan menjaga kekudusan hidup tubuh kita untuk memuliakan Allah. Apabila kita sudah berlaku adil sesuai yang firman Tuhan ajarkan, kita akan menerima bagian kita dalam Kerajaan Allah.(gs)

DOA: “Di tengah-tengah dunia yang tidak adil ini, biarlah Roh Allah memampukan aku berlaku adil, baik terhadap Engkau, sesama dan diri sendiri karena kerajaan Allah adalah bagianku. Amin.”

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)