Bikin Bingung

Sebab itu mereka heran, bahwa kamu tidak turut mencemplungkan diri bersama-sama mereka di dalam kubangan ketidaksenonohan yang sama, dan mereka memfitnah kamu. (1 Petrus 4:4)

Di fitnah bukanlah sesuatu yang aneh bagi orang Kristen mula-mula. Orang-orang di sekitar mereka bingung melihat hidup mereka yang 'aneh' dan 'nyeleneh'.  Aneh karena gaya hidup mereka berbeda. Mereka dianggap antisosial, tak mau bergaul dan kurang pergaulan karena tidak turut mencemplungkan diri bersama-sama di dalam kubangan ketidaksenonohan.

Hidup mengikut arus itu memang gampang. Ikut-ikutan bergaya bicara seperti kebanyakan orang, berpikir, berpakaian minim, berperilaku seperti kebanyakan orang mungkin membuat Anda merasa 'aman' dan diterima oleh kebanyakan orang. Tetapi tahukah Anda bahwa firman Tuhan dalam Matius 7:13 mengatakan bahwa jalan kebanyakan orang itu menuju kebinasaan?

Menolak untuk menjadi serupa dengan banyak orang yang hidup menyimpang memang kelihatannya berbahaya bagi kita. Kita akan dijauhi, dicemooh, bahkan difitnah. Tetapi, kemauan untuk diterima dalam kelompok orang banyak yang menyimpang, sebetulnya berbahaya bagi Anda. Sebab jalan mereka tidak sejalan dengan maunya Tuhan. Mayoritas manusia seperti ini hidup dalam pemberontakan melawan Allah. Masalahnya adalah, mana yang kita kita pilih: bermasalah dengan manusia ataukah bermasalah dengan Allah?

Ikut arus itu gampang. Ikan mati juga bisa ikut arus. Tetapi kita bukanlah ikan mati! Kita adalah anak-anak Bapa di Sorga. Kita telah dipanggil kepada gaya hidup yang seratus delapan puluh derajat berbeda dengan kebanyakan orang. Memang mereka akan bingung ketika kita tidak ikut-ikutan korupsi di kantor dan tidak ikut menjelek-jelekkan pemimpin. Mereka juga bingung ketika kita menolak untuk ikut bersenang-senang di club, panti pijat dan hotel, dan ketika anak-anak muda tidak mau menyontek dan memberi contekan, tidak pacaran sembarang dan tetap menjaga kekudusan. Orang dunia akan bingung bukan kepalang dengan gaya hidup kita yang saleh. Tapi hanya dengan cara inilah hidup kita benar-benar memberi dampak besar bagi mereka. Oleh karena itu, mari kita bikin dunia bingung, sampai akhirnya nanti mereka menyerah, bertobat dan tinggalkan gaya hidup yang lama.(ait)

DOA: “Meski tampak aneh dan membingungkan, ajarilah aku untuk tetap hidup sesuai dengan gaya hidup kudus yang Kauajarkan dalam firman-Mu, ya Tuhan. Amin.”

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)