Membina Relasi yang Baik

... bahwa hidup kami di dunia ini, khususnya dalam hubungan kami dengan kamu, dikuasai oleh ketulusan dan kemurnian dari Allah bukan oleh hikmat duniawi, tetapi oleh kekuatan kasih karunia Allah. (2 Korintus 1:12)

Pada umumnya manusia hidup dalam suatu komunitas tertentu yang sesuai dengan pilihan hatinya, yaitu di mana ia dapat merasakan adanya kenyamanan dan keakraban dalam komunitas tersebut. Namun, tidak dapat disangkal bahwa hubungan satu dengan lainnya dapat menjadi retak atau terputus sama sekali karena berbagai sebab. Salah satu sebabnya adalah karena adanya sifat atau sikap kita yang tidak benar. Hal itu juga terjadi dalam gereja mula-mula, seperti yang terdapat di kota Korintus.

Rasul Paulus mengemukakan sebuah pernyataan yang patut kita teladani, supaya hubungan satu dengan lainnya dapat berjalan dengan baik yaitu: Pertama, adanya ketulusan dan kemurnian dari Allah. Membina relasi dengan tulus dan murni bukanlah perkara yang mudah dilakukan. Hal ini disebabkan karena sifat kita yang berdosa, yaitu karena kita masih dikuasai oleh keinginan jasmani. Untuk itu kita harus rela mengenakan ukuran Kristus.

Sebagai contoh adalah masih terdapat sifat egois, mencari keuntungan diri sendiri, keserakahan, kesombongan dan merasa diri lebih utama dari yang lain. Contoh lainnya, jika kita masih memakai hikmat duniawi, yaitu norma dunia yang tidak sesuai dengan firman Tuhan. Misalnya ketika merasa dirugikan atau tersinggung ucapan sesama, bila perlu melakukan kekerasan sebagai balasan atau menempuh jalur hukum. Hal-hal ini dapat menjadi duri dan
onak yang mengganggu dan menghancurkan relasi satu dengan yang lainnya.

Hal berikut yang diperlukan adalah memiliki kasih karunia Allah. Dengan kasih karunia, kita akan mudah untuk memaafkan atau mengampuni orang yang bersalah kepada kita. Dalam Matius 18:21-35, Yesus mengajarkan tentang arti pengampunan. Walaupun hal itu tidak mudah, bukan berarti tidak dapat dilakukan. Kita harus dapat meninggalkan cara dan norma-norma dunia dalam menyelesaikan konflik di antara sesama kita. Oleh sebab itu, mari kita bina relasi yang baik dengan sesama kita, sesuai dengan yang Tuhan kehendaki, yaitu dalam ketulusan, kemurnian dan dengan kasih karunia Allah yang kita telah terima daripada-Nya. (phm)

DOA : “Tolongku,Tuhan, agar dapat membina relasi dengan baik sesuai dengan kehendak-Mu, yaitu dalam ketulusan, kemurnian dan dalam kasih. Amin.”

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil