Khotbah Minggu, 12 November 2017

3 + 1
Ayat Pokok: Matius 13:23
Oleh: Ibu Pdt. Ketty Mangundap

"Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.”

3 + 1
Ayat pokok kita hari ini bicara tentang sebidang tanah yang baik, ditaburi dengan satu macam benih. Tanah bicara tentang saudara dan saya yang terus menerus ditaburi dengan benih firman Tuhan.  Kita yang mendengar, mengerti dan melakukan Firman-Nya, akan menghasilkan buah! Namun hasilnya beda-beda: ada yang 100, 60 dan 30 kali lipat!

1. 100 Kali Lipat
Anak-anak Tuhan yang menghasilkan buah 100 kali lipat, masuk dalam kategori Gereja Tuhan yang Sempurna! Sama sekali sempurna: jiwa, roh dan tubuh! Mereka inilah mempelai Kristus yang kelak akan masuk dalam pernikahan.

Ia digambarkan sebagai “... Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya...” – Wahyu 12:1-2.

2. 60 Kali Lipat
Yang menghasilkan buah 60 kali lipat, merepresentasikan kelompok lima gadis bodoh dalam perumpamaan tentang 10 anak dara – Matius 25:1-13.

“Kemudian datang juga gadis-gadis yang lain itu dan berkata: Tuan, tuan, bukakanlah kami pintu! Tetapi ia menjawab: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya aku tidak mengenal kamu. Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya.”

Pada akhirnya mereka memang selamat, namun harus melalui masa 3½ tahun aniaya.  “Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus” – Wahyu 12:17.

3. 30 Kali Lipat
Yang menghasilkan 30 kali lipat adalah kelompok dengan tingkat kerohanian kanak-kanak; belum matang; mudah diperdaya.  Mereka inilah yang kelak akan murtad; meninggalkan Tuhan. “... Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa” – 2 Tesalonika 2:3.

4. Tidak Berbuah
Di samping ketiga jenis pohon yang menghasilkan buah karena benihnya jatuh di atas tanah yang baik, masih ada satu jenis pohon yang sama-sama bertumbuh, namun tidak menghasilkan buah!

Mereka ini ada, bahkan mungkin aktif dalam pelayanan di gereja, namun tetap hidup dalam dosa; tidak bertobat! 

“Orang-orang yang berdosa terkejut di Sion orang-orang murtad diliputi kegentaran. Mereka berkata: "Siapakah di antara kita yang dapat tinggal dalam api yang menghabiskan ini? Siapakah di antara kita yang dapat tinggal di perapian yang abadi ini?” – Yesaya 33:14.

Mari, ambil waktu sejenak untuk merenung dan bercermin.  Termasuk dalam kelompok manakah saudara dan saya?  Haleluya! Tuhan Yesus memberkati!

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)