Khotbah Minggu, 8 Juli 2018

KARUNIA
Ayat Pokok: Roma 12:6-8
Oleh: Pdt. Bobby Karundeng

Karunia, walaupun berbeda-beda, semuanya berguna untuk melayani Tuhan dan juga sesama. Dalam Alkitab ada tertulis, “Sebab seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama. Demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus. Tetapi kita masing-masing mempunyai karunia yang berlain-lainan. Ada karunia untuk bernubuat, ada karunia untuk melayani, ada juga karunia untuk mengajar, menasihati, membagi-bagikan sesuatu, memberi pimpinan, dan karunia menunjukkan kemurahan.” Baiklah kita melakukan semuanya itu dengan ikhlas dan sukacita.

1) Karunia Bernubuat. Ciri-cirinya: tidak banyak berbicara, kuat berdoa. Elia, adalah nabi yang memiliki karunia ini. Tegurannya terhadap raja Ahab yang jahat, membuatnya bertobat. “Segera sesudah Ahab mendengar perkataan itu, ia mengoyakkan pakaiannya, mengenakan kain kabung pada tubuhnya dan berpuasa. Bahkan ia tidur dengan memakai kain kabung, dan berjalan dengan langkah lamban” (1 Raja-Raja 21:27). Itulah bukti pertobatannya.

Tuhan sendiri mengakuinya dan berkata kepada Elia, “Sudahkah kau lihat, bahwa Ahab merendahkan diri di hadapan-Ku? Oleh karena ia telah merendahkan diri di hadapan-Ku, maka Aku tidak akan mendatangkan malapetaka dalam zamannya; ….” (ay. 29). Pertobatan membuahkan pengampunan.

2) Karunia Melayani. Karunia ini Tuhan berikan kepada jemaat-Nya. Jemaat bisa melayani dalam bentuk materi, doa, besuk/jenguk, dan lain-lain.

3) Karunia Mengajar. Ezra, seorang ahli kitab, mahir dalam Taurat Musa, berangkat dari Babel ke Yerusalem untuk meneliti Taurat TUHAN serta mengajar ketetapan dan peraturan di antara orang Israel atas perintah raja, artinya Ezra dipilih oleh raja untuk mengajar. Jadi tidak semua orang memiliki karunia ini.

4) Karunia Menasihati. Ada banyak orang yang gagal dalam menasihati orang lain karena diri sendiri tidak menjadi contoh. 1 Timotius 4:12 mengatakan: “… Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.”

5) Karunia Membagi.  Membagi dengan sukacita, memberi sekalipun dalam kekurangan.

6) Karunia Memimpin. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memberikan dorongan, semangat dan menjadi panutan bagi orang-orang yang dipimpinnya.

7) Karunia menunjukkan Kemurahan / Belas Kasihan. Dalam keadaan bagaimana pun Yesus selalu menunjukkan belas kasihan kepada orang banyak.

Jadi Karunia adalah suatu kemampuan tertentu (khusus) yang Tuhan berikan kepada setiap orang percaya dengan tujuan khusus pula yaitu agar setiap orang percaya dapat melakukan pekerjaan yang Tuhan tugaskan di dunia ini.

Kita tidak bisa memilih karunia jenis apa yang kita inginkan. Kita juga tidak bisa meminta agar diberi karunia x atau y karena karunia diberikan oleh Roh kepada setiap orang percaya sesuai dengan kehendak-Nya (1 Korintus 12:11).

Berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi (ay.31). Haleluyah! Tuhan Yesus memberkati.

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil