Khotbah Minggu, 24 Juni 2018

PENGIKUT KRISTUS
Ayat Pokok: Lukas 5:27-28
Oleh: Pdt. Bram L. Pongoh

Pengikut Kristus adalah orang Kristen, bukan beragama Kristen. Orang Kristen adalah orang yang percaya kepada Kristus dan pasti sampai di sorga. Sedangkan orang yang beragama Kristen adalah pengikut gereja dan belum tentu sampai di sorga. Saudara termasuk yang mana?

Orang Kristen pengikut Kristus dari jauh
Ketika Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan, lalu dibunuh, Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: “Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa engkau!” (Mat. 16:21-22). Tetapi pada waktu Yesus ditangkap dan digiring ke rumah Imam Besar, Petrus hanya mengikut dari jauh (Luk. 22:54). Bahkan kemudian dia menyangkal Yesus tiga kali (ay. 57, 58, 60). Lalu berpalinglah Tuhan memandang Petrus. Maka teringatlah Petrus bahwa Tuhan telah berkata kepadanya: “Sebelum ayam berkokok pada hari ini, engkau telah tiga kali menyangkal Aku.” Lalu ia pergi keluar dan menangis dengan sedihnya” (ay. 61-62). Mengikut Yesus dari jauh, berakhir dengan kesedihan.

Orang Kristen pengikut Kristus seteru salib Kristus
Pada hari-hari terakhir banyak orang akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Berontak terhadap orangtua, tidak tahu berterimakasih. Tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, tidak dapat mengekang diri, garang, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. Namun secara lahiriah mereka menjalankan ibadah. “Jauhilah mereka itu!” Demikian dikatakan dalam 2 Tim. 3:5. Lucifer, semula adalah pengikut Yesus; melayani Yesus, taat, setia, pemimpin puji-pujian. Dia diciptakan dalam kemuliaan dan ditetapkan untuk melayani Tuhan. Tetapi kemudian dia ingin lebih, ingin sama seperti Tuhan. Namun ketika dia hendak menyamai Yang Maha Tinggi, saat itulah dia jatuh. Dalam Filipi 3:18-19 dikatakan “… banyak orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus. Kesudahan mereka ialah kebinasaan, …..”

Jadilah pengikut-pengikut Kristus yang hidup dengan meneladani Kristus, niscaya kita pasti sampai di sorga yang mulia.
Haleluyah! Tuhan Yesus memberkati.

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil