Khotbah Minggu, 10 Juni 2018

KOBARKAN TERUS API PANTEKOSTA
Ayat Pokok: 2 Timotius 1:6
Oleh: Pdt. Horas Franto Nainggolan

Pertemuan Paulus dengan Timotius, Alkitab mencatat dalam pelayanan Paulus yang pertama kali bersama Barnabas (Kisah 13). Paulus melihat ada sesuatu yang luar biasa dalam kehidupan Timotius. Itu sebabnya rasul Paulus menasehatkan, "Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allah yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu." (2 Timotius 1:6). Ada dua alasan mengapa Paulus menasehatkan demikian: 1) Paulus teringat akan imannya; bagaimana dulu melayani Tuhan, semangat luar biasa, cinta mula-mula. 2) Adanya iman yang tulus ikhlas untuk terus melayani Tuhan dan terus berjuang untuk pekerjaan Tuhan. Bicara tentang iman, ada banyak hal yang kita bisa temukan di dalam Alkitab: Iman timbul dari pendengaran akan firman Allah (Roma). Tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah (Ibrani 11:6). Roh Kudus memberikan karunia iman kepada kita (Korintus).

Pelayanan/pekerjaan Roh Kudus di kitab Kisah Para Rasul ada tiga hal.

1. Dunamis = Roh Kudus bergerak, memberikan kuasa.
Ketika Roh Kudus itu turun, rasul-rasul dipenuhi dengan kuasa Roh Kudus. Mujizat dan kesembuhan terjadi. Pada waktu gereja mula-mula, Roh Kudus dicurahkan kepada jemaat, dan jemaat terus bekerja melayani Tuhan. Pelayanan dalam pengertian Alkitab adalah suatu sikap dan tindakan proaktif. Secara sekuler pelayanan adalah pengabdian, artinya melayani secara total; roh, jiwa, dan tubuh. Pelayanan bukan hanya untuk gereja, tetapi juga untuk keluarga. Kalau mau melayani Tuhan dengan baik, mari kita perhatikan juga keluarga kita, jaga dan bangun mezbah keluarga kita.

2. Exosia = Otoritas
Tuhan kasih otoritas untuk memberitakan firman Allah dengan semangat Pantekosta; dengan api yang menyala-nyala = dengan api yang berkobar-kobar, niscaya sesuatu yang luar biasa akan terjadi. "Sebab Allah memberikan kepada kita bukan rohketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban." (1 Timotius 2:7)

3. Kratos = Hubungan bersama, kebersamaan yang indah dan bermakna
Mereka bertekun dan berkumpul bersama-sama memberikan sesuatu yang layak untuk pekerjaan Tuhan. Anugerah yang indah yaitu Roh Kudus akan menolong dan memampukan kita untuk terus berlari mendapatkan kekuatan yang baru. Haleluyah! Tuhan Yesus memberkati.

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil