Khotbah Minggu, 27 Mei 2018

BERI DIRI DIPIMPIN ROH KUDUS
Ayat Pokok : Yohanes 16:13
Oleh : Pdm. Joons Mandias

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; … (ayat pokok). Roh Kudus disebutkan sebagai Roh Kebenaran, Roh Hikmat. Dia akan memimpin kita kepada kebenaran dan kedewasaan penuh. Roh Kudus bukan hanya sebagai kuasa atau kekuatan Allah, tetapi Dia adalah pribadi Allah, yang disebut sebagai Penolong yang akan menyertai kita untuk selama-lamanya.

Pekerjaan Roh Kudus
Yaitu memimpin kita orang percaya untuk dapat mengenal Tuhan Yesus lebih baik, lebih dekat dan lebih benar (Ef. 1:17). Dia akan mengajarkan segala sesuatu dan mengingatkan kita akan semua yang telahTuhan katakan (Yoh. 14:26). Dan merealisasikan apa yang sudah dikerjakan oleh Tuhan Yesus di atas kayu salib.

Karya Roh Kudus dimulai dalam kehidupan orang percaya adalah ketika Roh Kudus dicurahkan pada hari Pentakosta di mana semua orang percaya berkumpul di satu tempat (Kis. 2:1). Roh Kudus akan diam di dalam kita untuk seterusnya dan selamanya. Dia akan memimpin kita kepada seluruh kebenaran.

Gereja Tuhan tidak akan menjadi mempelai Kristus yang sempurna tanpa peran Roh Kudus di dalamnya. Hanya Roh Kudus yang dapat memimpin kita untuk dapat bertemu dengan Tuhan Yesus pada waktu kedatanganNya yang kedua kali.

Keinginan Roh
“… berlawanan dengan keinginan daging karena keduanya bertentangan sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki” (Gal. 5:17). “… hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging” (ay. 16).

Tinggal tetap dalam ajaranNya dan lakukan, maka kebenaran firman Tuhan akan memerdekakan (= membebaskan) kamu dari perbudakan dosa. “Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan” (2 Korintus 3:17). Berikan diri seluasnya kepada Tuhan dan Roh Kudus untuk dipimpin dan diselidiki oleh kebenaran firman Tuhan, niscaya Dia akan senang bertahta dalam kehidupanmu.

Dalam Yohanes 15 diceritakan tentang pokok anggur yang benar. “Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya (1).Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku (4). Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya (7). Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku (8).” Puji Tuhan, haleluyah! Tuhan Yesus memberkati.

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil