Khotbah Minggu, 20 Mei 2018

KEJAR SAMPAI DAPAT
Ayat Pokok: Lukas 24:49
Oleh: Pdt. Ronald Tamba

Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia (Yoel 2:28). “Tetapi kamu harus tinggal (= harus tetap menunggu, menanti) di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi” (Luk. 24:49). Menunggu/menanti di sini bukan pasif, tetapi aktif berbuat sesuatu, artinya di setiap ada kesempatan gunakan waktu untuk berdoa minta kekuasaan dari tempat Maha Tinggi. Ada beberapa kisah di Alkitab tentang menunggu yang membuahkan hasil.

Kisah seorang janda (Luk. 18:2-5)
Dalam sebuah kota ada seorang janda yang selalu datang kepada seorang hakim yang tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorangpun. Janda itu berkata, “Belalah hakku terhadap lawanku.” Beberapa lamanya hakim itu menolak. Namun janda itu terus-menerus datang, dan akhirnya hakim itu mendengarkan dan membela perkaranya.

Kisah seorang pengemis buta (Luk. 18:35-43)
Waktu Yesus hampir tiba di Yerikho, ada seorang pengemis buta duduk di pinggir jalan dan mendengar bahwa Yesus lewat. Lalu ia berseru, “Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!” Orang banyak yang berjalan di depan menegor dia supaya ia diam. Namun ia berteriak semakin keras,“ Anak Daud, kasihanilah aku!” Lalu Yesus berhenti dan menyuruh membawa orang itu kepada-Nya. Setelah dekat, Yesus bertanya, “Apa yang kau kehendaki supaya Aku perbuat bagimu?” Jawab orang itu: “Tuhan, supaya aku dapat melihat!” Lalu kata Yesus kepadanya: “Melihatlah engkau, imanmu telah menyelamatkan engkau!” Dan seketika itu juga melihatlah ia.”

Kisah Zakheus orang pendek (Luk. 19:1-5)
Yesus masuk ke kota Yerikho dan berjalan terus melintasi kota itu. Zakheus, kepala pemungut cukai, ingin melihat Yesus tetapi tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek. Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus. Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia berkata, “Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu.”  Ada keinginan kuat dalam diri Zakheus untuk melihat dan mengenal Yesus.

Ketika ada keinginan yang kuat dalam diri seseorang untuk mendapatkan sesuatu, dia pasti menemukan jalan. Bila Saudara mempunyai kerinduan yang kuat untuk dipenuhkan dengan Roh Kudus, Tuhan pasti buka jalan. Karena Dia sendiri sudah berjanji, “Jika kamu yang jahat tahu member pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya” (Luk. 11:11). Amin! Haleluyah! Tuhan Yesus memberkati.

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil