Khotbah Minggu, 13 Mei 2018

ROH KUDUS TANDA KEPEMILIKAN TUHAN
Ayat Pokok: Lukas 24:49
Oleh: Pdt. Handry Rumimpunu

"Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi." Ini merupakan pesan yang mengandung janji dari Tuhan Yesus kepada murid-murid pada waktu itu sebelum Yesus terangkat ke sorga. “… Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, ….” (Yoel 2:28). Roh Kudus merupakan janji Bapa yang diberikan oleh Yesus kepada semua orang yang percaya kepada Tuhan. “Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh Kudus kepada mereka untuk mengatakannya” (Kis. 2:2-4). Inilah bukti dari janji Tuhan, bahwa Tuhan tidak pernah mengingkari janjiNya.

Kuasa Roh Kudus
Roh Kudus merupakan satu kuasa yang diberikan Yesus kepada semua orang percaya. Ketika penuh dengan Roh Kudus, hidup Rasul Petrus diubahkan, ketika dia berkhotbah banyak orang percaya dan bertobat, orang sakit disembuhkan. Tuhan bekerja luar biasa dalam hidup Petrus.

Roh Kudus jugalah yang mengubahkan hidup Paulus dalam perjalanan menuju Damsyik. Kita pun akan dipakai Tuhan dengan luar biasa kalau ada Roh Kudus dalam hidup kita.

Ciri-ciri orang yang hidup dalam Roh Kudus
Hidup dalam damai sejahtera = sukacita = berkemenangan.

Karena kita telah dibebaskan = dimerdekakan dari ikatan dosa. Dan oleh kekuatan Roh Kudus kita berlimpah-limpah dalam pengharapan (Roma 15:13). Jangan pernah puas ketika kita sudah dipenuhkan dengan Roh Kudus. Roh Kudus itu harus selalu tetap terisi dalam hidup kita, selalu dipenuhi dengan Roh Kudus.

Hidup dalam tanda kepemilikan Tuhan
Tuhan mengenal siapa anak-Nya karena ada tandanya yaitu Roh Kudus. Di dalam Injil Matius dikatakan ada orang yang datang kepada Tuhan dan berkata, “Aku sudah melayani Tuhan ke mana-mana, aku menyumbang banyak buat gereja.” Tetapi Tuhan berkata, “Aku tidak mengenal engkau.” Kenapa? Karena tidak ada tanda kepemilikan Tuhan.

Kalau kita mau Roh Kudus ada dalam hidup kita, hiduplah menurut firman Tuhan. 2 Tim 2:19 katakan, “Tuhan mengenal siapa kepunyaan-Nya” dan “Setiap orang yang menyebut nama Tuhan hendaklah meninggalkan kejahatan.”

Hidup dengan menempatkan Roh Kudus sebagai jaminan
Roh Kudus adalah jaminan dari janji Tuhan yang besar. Apa yang kita terima sekarang baru sebagian kecil dari apa yang dijanjikan Tuhan. Hiduplah dalam Roh Kudus maka kita akan memperoleh jaminan dari janji Tuhan yang besar.

Dalam Injil Matius ada perumpamaan tentang sepuluh gadis. Semuanya orang percaya dan sudah dipenuhkan dengan Roh Kudus. Lima gadis yang bijaksana masuk dalam pernikahan gereja sempurna, tetapi lima gadis yang bodoh masuk dalam penderitaan tiga setengah tahun aniaya. Mereka adalah orang-orang yang merasa bangga karena sudah dipenuhkan dengan Roh Kudus tanpa peduli apakah minyaknya selalu terisi/penuh atau sudah kekurangan minyak.

Hendaklah hidup kita selalu dalam Roh Kudus. Roh Kudus adalah jaminan kita, ada di tengah kita, mau memenuhi kita di siang hari, sore, malam, setiap saat. Puji Tuhan! Tuhan Yesus memberkati.

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil