Khotbah Hari Kenaikan Tuhan Yesus, 10 Mei 2018

PENUH DENGAN ROH KUDUS
Ayat Pokok: Kisah Para Rasul 1:6-8
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Ketika murid-murid bertanya mengenai kapan Tuhan akan memulihkan kerajaan bagi Israel, Tuhan hanya menjawab, “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.” Tetapi yang perlu kamu tahu adalah “Kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi” (ay. 8).

Kesaksian Yesus dan Wanita Samaria
Dalam hidupnya sebagai manusia, Yesus berjalan keliling memberitakan Injil termasuk di Samaria, bangsa yang tidak pernah akur dengan bangsa Yahudi. Di siniIah Ia bertemu dengan seorang wanita Samaria dan meminta minum kepadanya.

Awalnya wanita ini menolak karena Yesus keturunan Yahudi, namun Yesus terus berbicara kepadanya. Di akhir percakapan wanita ini mengaku bahwa ia adalah seorang wanita yang bersalah. Yesus memberikan jalan keselamatan baginya. Wanita ini kembali ke desanya dan bercerita kepada orang-orang di desanya, “Aku telah bertemu dengan seorang nabi.”

Yesus mati, bangkit dan naik ke sorga
Yesus rela meninggalkan kesetaraannya dengan Allah dan datang ke dunia untuk menyelamatkan manusia. Dia disiksa dan mati di kayu salib. Namun pada hari ketiga Dia bangkit! Yesus bangkit dari kematian untuk menunjukkan bahwa Dialah yang menang mengalahkan kematian. “Dan sesudah itu Ia ditinggikan oleh tangan kanan Allah dan menerima Roh Kudus yang dijanjikan itu, …” (Kis. 2:33).

Jadi Allah Bapa memberikan Roh Kudus kepada Yesus sesudah Ia bangkit dari kubur. Dan Yesus mencurahkan Roh Kudus kepada murid-muridNya ketika Ia akan naik ke sorga, pada hari Pentakosta.

Dia akan datang kembali
“Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga” (Kis. 1:10-11). Jadi Yesus datang tidak dengan cara diam-diam. KedatanganNya akan dilihat oleh semua mata.

Kalau semua sangkakala sudah dibunyikan dan semua murka Allah sudah dicurahkan ke bumi ini, itulah hari kedatangan Tuhan di mana Tuhan akan mencurahkan segala hukuman.

Mari kita percaya kepada Tuhan dan ikuti firmanNya. Ada jaminan keselamatan buat setiap orang yang percaya kepada Tuhan. Jangan pikirkan soal kapan Yesus datang, kapan kerajaan Allah itu datang, yang paling penting adalah kamu dipenuhi oleh Roh Kudus. Amin! Tuhan Yesus memberkati.

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil