Khotbah Minggu, 8 April 2018

KITA ADALAH GEREJA
Ayat Pokok: 1 Timotius 3:14-15
Oleh: Pdm. Marlin Anthonie

Ayat pokok ini adalah surat yang ditulis Rasul Paulus untuk Timotius; orang yang ingin dia percayakan pelayanan di Efesus. Paulus mendengar bahwa jemaat di Efesus ini sudah kemasukan ajaran-ajaran lain dan guru palsu, karena itu Rasul Paulus ingin supaya Timotius bisa mempertahankan kemurnian Injil. Paulus ingin mempersiapkan Timotius agar dia siap menghadapi situasi pelayanan di Efesus.

Gereja
Kita semua pasti mengerti apa itu gereja. Tetapi terkadang kita melupakan apa yang ada di dalam gereja dan apa yang harus dilakukan gereja.

Apa yang harus dilakukan gereja?
“Setiap orang harus hidup sebagai keluarga Allah” (ay. 15); memeliharakan sanak saudaranya, seisi rumahnya (1 Tim 5:8).

Jadi Gereja bukan hanya sekedar kita pribadi, tetapi kita adalah keluarga. “Jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman” (1 Tim 5:8).

Keluarga di dalam Allah adalah kita semua yang seiman. Menurut Efesus 2:19 “kawan sewarga, anggota-anggota keluarga Allah. Sebagai keluarga Allah, kita adalah satu di dalam Tuhan. Bangunlah kehidupan berkeluarga yang menyenangkan hati Tuhan. Dan janganlah menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah. Keluarga sangat penting di hadapan Allah. Dia tidak pernah menyepelekan keluarga.

“Berbuat baik kepada semua orang” (Gal 6:10). Panggil semua orang yang masih berjalan di dalam gelap dan bawa ke dalam terangnya Tuhan. Bawa mereka keluar dari kebiasaan-kebiasaan orang dunia yang tidak tahu beribadah, yang tidak tahu mempersembahkan yang terbaik untuk menyembah Tuhan. Tubuh kita adalah Bait Allah (1 Kor 3:16). Tuhan mau berdiam di dalam kita.

“Buang segala kejahatan, tipu muslihat, kemunafikan, kedengkian, fitnah” (1 Pet 2:1). Allah ingin memanggil semua orang datang pada-Nya, tetapi ada orang-orang yang tidak mengindahkan panggilan-Nya. Orang yang merespon panggilan Tuhan adalah orang-orang yang percaya akan Tuhan. Sebagai orang percaya, kita harus membangun diri kita dari sehari ke sehari.Tidak ada yang bisa membangun kehidupan kita menjadi lebih baik selain diri kita sendiri. Bangunlah dirimu di atas batu penjuru yaitu Tuhan Yesus Kristus.

Kita adalah gereja. Gereja adalah keluarga Allah. Gereja adalah jemaat Allah yang dipanggil keluar dari gelap kepada terang. Gereja adalah tiang penopang dan dasar kebenaran. Haleluyah! Tuhan Yesus memberkati.

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil