Khotbah Minggu, 11 Maret 2018

KASIH DAN PENGAMPUNAN
Ayat Pokok: Yakobus 5:16a
Oleh: Ev. Andreas Santosa

Kematian Yesus merupakan suatu hal yang luar biasa karena di atas kayu Salib Yesus menanggung dosa kita.

KematianYesus adalah sebuah karya Allah. Karya kasih Allah kepada dunia ini. “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Yohanes 3:16). Lewat kematian Yesus kita boleh hidup dalam kebenaran Allah.

Mengaku Dosa dan Mengampuni
Ada banyak orang yang tidak dapat mengampuni. Bagaimana kita bisa mendoakan jika kita tidak dapat mengampuni.

Ayat Pokok kita hari ini mengatakan “… hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, …”  “… penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu” (Efesus 4:32). Pada waktu Yesus di kayu salib disiksa dan dicaci maki, Yesus berdoa, “Bapa, ampuni mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Ini adalah pengampunan Yesus yang patut kita teladani.

Seorang wanita yang kedapatan berbuat zinah dibawa oleh ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi kepada Yesus dengan harapan Yesus menyuruh mereka untuk melemparinya  (Yohanes 8:1-11). Tetapi Yesus berkata, “Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.” Seorang demi seorang pergi meninggalkan Yesus dengan perempuan itu. Lalu kata Yesus, “Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang.” Ini adalah pengampunan, contoh nyata yang lagi-lagi Tuhan berikan kepada kita.

Saling mengaku dosa, saling mengampuni, saling mendoakan
Ada kata saling, artinya ada dua orang = dua pihak. Saling mengaku dosa, saling mengampuni, saling mendoakan, artinya kedua belah pihak mengaku dosa, mengampuni, mendoakan. Tidak ada alasan untuk kita tidak mengampuni karena Yesus sudah memberikan teladan yang luar biasa.

Mari kita belajar untuk mengampuni dan tidak menyimpan kesalahan orang lain karena kasih dan pengampunan Yesus telah menyelamatkan seluruh umat manusia. Semua manusia berdosa yang mau menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya diampuni dosa-dosanya. Puji Tuhan, haleluyah!

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil