Khotbah Minggu, 3 Desember 2017

JANGAN TAKUT
Ayat Pokok: Yesaya 41:10
Oleh: Pdt. Johny Keintjem, Cinere, Depok

"Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.”

“JanganTakut!”
Janji di atas disampaikan Tuhan saat bangsa Israel ada dalam pembuangan di Babel!  Janji yang sama ditujukan bagi saudara dan saya yang hidup di akhir zaman!

Ketika Tuhan berkata, “JANGAN TAKUT”, artinya:

1. Tuhan Memperhatikan
Wajah & pandangan-Nya tertuju pada lawan bicara, yaitu saudara dan saya! Bermakna sama seperti ketika Ia memperhatikan penderitaan umat-Nya di Mesir – “Dan TUHAN berfirman: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka” – Keluaran 3:7.

2. Dia Mengenal Isi Hati Kita
Sesungguhnya, tak ada yang tersembunyi di hadapan-Nya! “Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu -- namun engkau kaya-- dan fitnah mereka...” – Wahyu 2:9.

3. Dia Sangat Peduli
Saat saudara merasa ditinggalkan; sendirian; ingat masih ada Seorang yang memperhatikan dan sangat peduli pada saudara! Dialah Tuhan kita Yesus Kristus, Sahabat sejati!

4. Dia Menjamin
“demikian pula Yesus adalah jaminan dari suatu perjanjian yang lebih kuat” – Ibrani 7:22.

5. Dia Bertanggung-Jawab
Saat Tuhan berkata, “Jangan Takut”, artinya: Ia menyatakan siap bertanggung jawab atas segenap kehidupan saudara dan saya.

Percayakah saudara akan janji-Nya? Janji Tuhan adalah “ya” dan “amin”.  Dia senantiasa menepati janji-Nya!  Sebab, “Allah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya?” – Bilangan 23:19.

Respon Manusia
Saat Tuhan berkata, “janganlah takut...” yang maknanya begitu dahsyat, reaksi apa yang Tuhan harapkan dari saudara dan saya?

1. Segani & Hormati Dia
Tunjukkan rasa hormat kita dimulai dari hal-hal yang tampak sepele, seperti: tidak datang terlambat untuk ibadah!

2. Percaya 100%
Ketika menerima tugas untuk memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir, modal Musa hanya satu: percaya sepenuhnya pada pemeliharaan Tuhan sepanjang perjalanan mereka.

3. Dekatkan Diri Pada Tuhan
Pastikan senantiasa berkomunikasi dengan Tuhan dalam DOA!  “Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu.Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati!”– Yakobus 4:8.

4. Prioritaskan Tuhan
Utamakan Tuhan; jadikan Dia prioritas utama dalam hidupmu, dan lihat berkat apa yang akan saudara terima.
Janji & jaminan Tuhan yang luarbiasa yang terkandung dalam “Jangan Takut” ditujukan bagi saudara dan saya. Pertanyaannya ialah, sudahkah kita meresponinya dengan benar? Haleluya!  Tuhan menjamin hidup dan pelayanan saudara. 
 

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil