Khotbah Minggu, 1 Oktober 2017

SESUNGGUHNYA, OLEH DIA KITA KAYA
AyatPokok: Kejadian 14
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Sekarang ini tengah marak pengajaran tentang Secret Rapture, yang bertentangan dengan Alkitab. Wahyu 1:7 dengan jelas mencatat perihal kedatangan Tuhan kedua kali: “Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.” Untuk itu, kita harus senantiasa waspada.  Ada begitu banyak pengajaran yang menyesatkan.

Menang Atas Dunia (=Dosa)
Mendengar kabar, bahwa Lot, saudaranya, ditawan musuh, Abram tidak tinggal diam.  Dikerahkannya 318 orang-orangnya yang terlatih, untuk mengejar musuh – Kejadian 10:12.

Sodom dan Gomora adalah gambaran dunia dengan segala daya tarik yang memikat.  Banyak orang memilih hidup di kota besar untuk mengejar kesuksesan, kesempatan dan kekayaan. Lot memilih tinggal di Sodom!

“Setelah Abram kembali dari mengalahkan Kedorlaomer dan para raja yang bersama-sama dengan dia, maka keluarlah raja Sodom menyongsong dia ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja” – Kejadian 14:17.

Sodom (=dunia) menawarkan kekayaan dan kuasa, namun Abraham menolak segala pemberian raja!  “Aku bersumpah demi TUHAN, Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi: Aku tidak akan mengambil apa-apa dari kepunyaanmu itu, sepotong benang atau tali kasutpun tidak, supaya engkau jangan dapat berkata: Aku telah membuat Abram menjadi kaya.”

Upah Kemenangan (=Sorga)
“Sebab Melkisedek adalah raja Salem dan imam Allah Yang Mahatinggi; ia pergi menyongsong Abraham ketika Abraham kembali dari mengalahkan raja-raja, dan memberkati dia” – Ibrani 7:1.  Haleluya!

Setelah mengalahkan raja Kedorlaomer, Abraham mendapat berkat tertinggi dari Melkisedek, Raja Salem/RajaDamai/Raja Kebenaran, yaitu roti dan anggur. Dalam Perjamuan Kudus, kita makan roti dan minum anggur.  Roti sebagai lambang Tubuh Yesus, dan anggur adalah Darah Yesus. Kematian dan kebangkitan Yesus merupakan penghormatan tertinggi yang Tuhan anugerahkan kepada manusia.

Kemudian Abraham mengambil dan memberikan sepersepuluh dari segala hartanya kepada Melkisedek (=Tuhan Yesus Kristus)– Ibrani 7:2.

Oleh DIA Kita Kaya
Hari-hari ini dunia kian gencar menyajikan tawaran yang tampak begitu indah, menawan dan menggiurkan.  Akankah kita jatuh ke dalam perangkap Iblis?  Atau, seperti Abraham, kita akan dengan tegas menolaknya! “Aku tidak akan mengambil apa-apa dari kepunyaanmu itu..., supaya engkau jangan dapat berkata: Aku telah membuat Abram menjadi kaya…”  

Sodom/dunia memang bisa menjadikan kita kaya. Namun Allah, Sang Pencipta langit dan bumi lebih dari sanggup untuk memberikan lebih dariapa yang sanggup kita pikirkan dan minta.  

Tuhan bukan hanya membuat Abraham berhasil membebaskan Lot dan rakyat Sodom serta membawa kembali segala harta yang telah dirampas musuh, tetapi juga menambah kekayaan Abraham dengan harta musuh!  Namun, lebih dari kekayaan jasmani, Abraham beroleh harta yang jauh lebih berharga: pertemuannya dengan Melkisedek, Raja Salem, yang memberinya roti dan anggur – tubuh dan darah Kristus Yesus!

Puji Tuhan!  Apa yang mustahil bagi manusia, tidaklah demikian bagi Allah!  Karenanya, jangan pernah tergoda oleh tawaran dan janji dari dunia.  Tetaplah percaya dan tinggal di dalam Dia, maka saudara dan saya akan keluar sebagai pemenang, dan satu kali kelak akan bertemu dan tinggal selamanya bersama Raja Salem. Tuhan Yesus memberkati!

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)