Khotbah Minggu, 30 Juli 2017

TERUS BERBUAH   
Ayat Pokok: Mazmur 92:13-16
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

“Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita.  Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar, untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya.”

Orang Benar
Pemazmur menggambarkan orang benar bagai pohon korma yang tumbuh subur.  Di masa tuanya masih terus berbuah, menjadi gemuk dan segar; terus memberitakan, bahwa Tuhan itu benar.  Puji Tuhan!

Ibu Putu yang baru saja merayakan ulang tahun ke-100 adalah bukti kebenaran Firman Allah!  Orang muda bisa lelah bahkan jatuh tersandung; namun mereka yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru setiap hari.

“Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah” – Yesaya 40:30-31.

Sekian banyak tahun ibu Putu tetap setia melayani Tuhan.  Tetap setia berdoa satu jam setiap hari; tetap berbuah lebat meski usia telah amat lanjut.  Haleluya!

Membangun Rumah
“... Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga” – Mazmur 127:1.

Rumah yang dimaksud adalah tempat ibadah – tempat kudus di mana Allah tinggal di dalamnya.  Saudara dan saya adalah rumah Allah!  Haleluya!

Manusia bisa saja membangun. Namun tanpa melibatkan atau campur tangan Tuhan, Alkitab berkata, upaya dan jerih lelah manusia akan sia-sia!

Apa yang tengah atau akan saudara bangun/kerjakan?  Pastikan segala rancanganmu telah dikonsultasikan bahkan mendapat restu dari Sang Pencipta semesta alam.  Maka saudara akan berhasil dan nama Tuhan dipermuliakan melalui pekerjaan yang saudara lakukan.

Doa Tuhan Yesus
Tuhan bukan hanya berdoa bagi murid-murid, tetapi juga bagi barangsiapa yang menjadi percaya karena pemberitaan Injil dan kesaksian mereka. 

“Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita...” – Yohanes 17:20-21.

Kita mengucap syukur karena Tuhan telah memberikan tempat ibadah baru di Neo Soho.  Siapa yang akan mengisi setiap kursi kosong di sana?  Rumah Tuhan adalah tempat beribadah dan tempat itu tidak boleh kosong.  Rumah Tuhan harus diisi oleh orang-orang yang memuji dan menyembah Dia. 

Saudara dan saya adalah murid-murid Tuhan.  Adalah tugas kita untuk menjalankan Amanat Agung Tuhan dan mengisi bangku-bangku kosong dengan jiwa-jiwa baru.

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” – Matius 28:19-20.

Mari, tetap semangat dan tidak menjadi lelah dalam pelayanan; dalam melakukan perintah Tuhan.  Tetap jadi terang bagi dunia yang semakin gelap.  Seperti ibu Putu, tetap percaya, tetap bersaksi, tetap berbuah-buah bagi Kristus, Tuhan kita.  Upah yang besar dan mulia menanti saudara dan saya di Sorga. Tuhan Yesus memberkati.

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)