Kebaktian Kenaikan Tuhan: 25 Mei 2017

JANGAN GELISAH
Ayat Pokok: Yohanes 14:1-3
Oleh: Pdt. Paulus Runkat, Jakarta

Setelah 3½ tahun berjalan dan hidup bersama Yesus, murid-murid menjadi risau ketika mendengar Ia akan segera meninggalkan mereka; dan ke tempat Ia pergi, mereka tak dapat pergi – Yohanes 13:36.  Memahami kegelisahan murid-murid, Yesus pun kemudian berkata, ”Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku...”

Percaya Kepada Yesus
“Janganlah gelisah hatimu: percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku...”   Percaya kepada Yesus menjadi modal utama murid-murid dalam meneruskan perjalanan sepeninggal Yesus! 

Dalam Yohanes 14:7-11 Tuhan Yesus menegur murid-murid sekaligus menekankan pentingnya percaya kepadaNya.  Sebab Ia dan Bapa, satu adanya!

Melakukan Pekerjaan Besar
“Aku berkata kepadamu: sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu.  Sebab Aku pergi kepada Bapa” – Yohanes 14: 12.

Sebagai pengikut Kristus, saudara dan saya harus melakukan pekerjaan Yesus.  PekerjaanNya ialah melakukan kehendak Bapa  – Ibrani 10:7 = melakukan FirmanNya.  Sebab Firman itu adalah Allah; Firman itu adalah Yesus – Yohanes 1:1, 14.  Jadi, saudara dan saya yang percaya kepadaNya, wajib melakukan Firman Allah!

Tunggu Di Yerusalem
Yesus pergi untuk menyediakan tempat di sorga bagi saudara dan saya.  Ia berjanji “akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.”  Haleluya!

“Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit?  Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga” – Kisah Para Rasul 1:10-11.

Sebelum terangkat, Yesus telah memberitahukan murid-murid untuk menunggu di Yerusalem sampai dipenuhkan dengan Roh Kudus – Kisah Para Rasul 1:8.  Untuk melakukan kehendak/Firman Allah, murid-murid perlu diperlengkapi dengan kuasa yang datang dari tempat maha tinggi.

Tanpa kuasa itu, murid-murid – saudara dan saya – takkan bisa menjadi saksiNya di Yerusalem, Yudea, Samaria, bahkan sampai ke ujung bumi.

Alkitab mencatat, paska mendapat kuasa dari tempat maha tinggi, murid-murid melakukan pekerjaan  yang bahkan lebih besar dari yang dikerjakan Yesus!  Antara lain:

  1. Bayangan Petrus bisa menyembuhkan orang sakit – Kisah Para Rasul 5:15;
  2. Setelah membaptis sida-sida dari Etiopia, dalam sekejap Filipus dilarikan Roh Tuhan ke Asdod – Kisah Para Rasul 8:39.

Tuhan Yesus sudah naik ke sorga.  Ia memerintahkan saudara dan saya untuk menunggu sampai dipenuhkan dengan Roh Kudus.  Ia berjanji akan segera datang kembali untuk menjemput, supaya di mana Ia ada, kita pun ada di sana.  Puji Tuhan.  Tuhan Yesus memberkati saudara!

Tambahan dari Bapak Gembala
Yesus tahu, bahwa diriNya akan segera beralih dari dunia kepada Bapa di sorga – Yohanes 13:1.
Petrus, murid yang paling berani, bertanya: “Tuhan kemanakah Engkau pergi?...”  Dan inilah jawaban dan janji Tuhan: “… tetapi kelak engkau akan mengikuti Aku.”  Haleluya!  Tempat dalam sorga yang mulia telah disediakan Tuhan bagi saudara dan saya yang percaya kepadaNya.

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)