Khotbah Minggu, 21 Mei 2017

RANCANGAN MANUSIA vs RANCANGAN ALLAH
Ayat Pokok: Amsal 19:21
Oleh: Pdm. Edwin Tanalisan, Jakarta
 
Manusia membuat banyak rencana.  Namun, sebaik dan sebagus apapun rancangan hati manusia, pada akhirnya keputusan Tuhanlah yang terlaksana.  Mengapa?  Sebab, dalam segala hal manusia penuh dengan keterbatasan.  Berbeda dengan Allah yang serba tak terbatas!  Dia Mahakuasa!  Dia tak dapat dibatasi oleh waktu, tempat dan keadaan.  Haleluya!  Itulah Allah yang kita percayai!

Rancangan Allah
“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan” - Yeremia 29:11.

Ayat ini menunjukkan eksistensi Allah yang berkuasa atas hidup saudara dan saya.  RancanganNya adalah rancangan damai sejahtera – bukan rancangan kecelakaan – untuk memberikan kepada kita hari depan yang penuh harapan!  Puji Tuhan!

Apapun yang Tuhan rencanakan, pasti terlaksana meski prosesnya mungkin menyakitkan dan tidak sesuai dengan rencana kita.  Tapi percayalah, di balik semua kepedihan, ada rancangan luar biasa yang Tuhan sedang kerjakan dalam hidup saudara dan saya.

Dia Penjamin Hidup Kita
“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu” - Matius 28:11.

Kata “Aku” menunjukkan komitmen Allah bahwa Dia sendiri yang akan memberi kelegaan dan jalan keluar dalam setiap pergumulan dan persoalan pelik yang kita hadapi.

Dan saat kita mempercayakan segenap hidup dan rencana kita kepadaNya, Dia akan menyediakan damai sejahtera, bahkan mengerjakannya bagi saudara dan saya!  “Ya TUHAN, Engkau akan menyediakan damai sejahtera bagi kami, sebab segala sesuatu yang kami kerjakan, Engkaulah yang melakukannya bagi kami” – Yesaya 26:12.

Rencana yang Berhasil
Bagaimana agar rancangan yang kita buat bisa terlaksana dalam hidup kita?

  1. Libatkan; serahkan sepenuhnya kepada Tuhan, maka segala rencana kita pasti terlaksana. “Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu” – Amsal 16:3.
  2. Takut; hormati; dan hargai Tuhan dalam setiap aspek kehidupan kita.  Jadikan FirmanNya sebagai landasan dalam menjalani hidup. “… apakah yang dimintakan dari padamu oleh TUHAN, Allahmu, selain dari takut akan TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, mengasihi Dia, beribadah kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu” - Ulangan 10:12.

Di tengah ketidak-pastian dunia, jangan pernah tinggalkan Tuhan, karena Dia memiliki rancangan yang jauh lebih baik dari rancangan kita!  Dia tahu persis apa yang terbaik bagi anak-anak yang dikasihiNya.

Dunia bisa mengalami paceklik, krisis, tapi tidak demikian dengan anak-anak Tuhan!  Haleluya!

“Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!  Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah...” – Yeremia 17:7-8.  Amin! Tuhan Yesus memberkati saudara!
 

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)