Khotbah Minggu, 14 Mei 2017

BERTUMBUH
Ayat Pokok: 2 Petrus 3:18
Oleh: Pdt. Ruth Lumangkun, Adelaide, Australia

Pertumbuhan identik dengan hidup.  Makhluk hidup bertumbuh.  Berhenti bertumbuh = mati!  Karenanya, Petrus mengakhiri suratnya yang kedua dengan nasihat untuk terus bertumbuh“Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.  Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.” 

Bertumbuh Dalam Kasih Karunia
Gereja harus bertumbuh dalam kasih karunia!  Saudara dan saya adalah penerima kasih karunia yang datang oleh Yesus Kristus – Yohanes 1:17.  “Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya” – Efesus 1:7.

Kasih karunia menyelamatkan umat manusia; mendidik kita untuk meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi, supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah – Titus 2:11-12.  Haleluya!

Bertumbuh Dalam Pengenalan Akan Tuhan & Juruselamat
Abraham memiliki hubungan yang sangat erat dengan Allah.  Ketika Allah memintanya mengorbankan putera tunggal yang amat dikasihinya, ia berkata kepada bujangnya, “Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu.” 

Ketika Ishak bertanya perihal anak domba yang akan dikorbankan, jawabnya, “Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku.”  Abraham begitu mengenal Allahnya, sehingga ia amat yakin, Allah akan menyediakan korban ganti Ishak!  Dan memang itulah yang terjadi, sehingga ia kemudian menamai tempat itu: “TUHAN menyediakan” - Kejadian 22.

Elia juga kenal betual siapa Allah yang disembahnya.  Itu sebabnya ia tak gentar sedikitpun saat harus berhadapan dengan 450 nabi Baal – 1 Raja-Raja 18:20-40.

Syarat untuk bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan ialah memiliki hubungan yang erat, karib denganNya!  Dan untuk bisa memiliki hubungan yang erat, butuh waktu!  Menyediakan waktu untuk bercengkerama dan bersekutu dengan Tuhan!

Selama Tuhan masih ijinkan kita hidup di dunia ini, selama itu pula kita harus terus bertumbuh bagi kemuliaan NamaNya!  Haleluya!  Masihkah saudara bertumbuh?   Dalam Kasih Karunia dan dalam Pengenalan Akan Tuhan dan Juruselamat kita?  Sudahkah saudara sungguh-sungguh mengenal Tuhan?

Tuhan selalu punya waktu untuk saudara dan saya.  Bagaimana dengan kita?  Sudahkah kita berikan waktu yang terbaik bagiNya?  Atau, terlalu sibukkah kita sehingga tidak ada waktu untuk bersekutu dengan Tuhan & Juruselamat kita?? Tuhan Yesus memberkati!

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)