Khotbah Minggu, 27 November 2016

TETAP DI DALAM DIA
Ayat Pokok: Kolose  2:6
Oleh: Pdt. Jesaya Pingastono, Singosari

“Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita.
Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia.”
 
Untuk bisa menerima Kristus Yesus, orang harus terlebih dulu percaya dengan sungguh.  Dan untuk percaya, orang perlu iman.  Sebab, “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat” – Ibrani 11:1.  Iman datang dari pendengaran akan Firman Allah.  Puji Tuhan!  Saat ini saudara dan saya tengah mengambil bagian terbaik dalam hidup: menyimak pemberitaan Firman Tuhan!

Di Dalam DIA
Setelah menerima Kristus Yesus menjadi Juruselamat, rasul Paulus menasihati saudara dan saya untuk tetap hidup di dalam Dia.  Jangan menyimpang; apalagi ke luar dari dalamNya.  Mengapa?

“Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu” – Yohanes 14:20.

Sebab hanya di dalam Dia, saudara dan saya terlindung dalam pengamanan berlapis; aman terhadap berbagai serangan musuh yang hendak menjatuhkan kita!

Di dalam Yesus, saudara dan saya tertutup/terbungkus rapat oleh Yesus dan BapaNya sebagai benteng perlindungan terluar!  Mencoba melangkah “keluar”, bukanlah keputusan bijak!  Saudara akan menjadi sasaran bidik yang empuk! 

Karenanya, jangan pernah tergoda untuk hidup di luar Dia.  Sekali Yesus, Tetap Yesus!

Kekuatan Di Dalam DIA
Saat kekecewaan demi kekecewaan datang menghantam, tetaplah hidup di dalam Yesus!  Percayalah, Dia akan memberi kita kekuatan untuk menanggung semuanya – Filipi 4:13. 

Ia bahkan akan berperang bagi kita!  “... Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya.  TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja” – Keluaran 14:13-14.  Puji Tuhan!

Adakah saudara yang letih lesu dan berbeban berat – begitu berat sehingga saudara merasa tak kuat lagi meneruskan perjalanan?  Yesus mengundang saudara untuk datang kepadaNya sebab di dalam DIA ada kelegaan!  Mari penuhi undanganNya.  “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu” – Matius 11:28.

Tetap Di dalam DIA
Waktu semakin singkat.  Hari Kedatangan Tuhan kian dekat.  Pastikan saudara dan saya tetap hidup di dalam Dia.  Tetap fokus pada apa yang dikehendaki dan berkenan kepadaNya. 

Dia antara lain menghendaki saudara dan saya menjadi:

  •  penyembah-penyembah yang menyembah Bapa di dalam Roh dan Kebenaran – Yohanes 4:23;
  • rumah Tuhan yang berdiri tegak di atas gunung.  Sebab di akhir zaman, ke sanalah banyak suku bangsa akan berduyun-duyun pergi untuk mendapatkan pengajaran dan Firman Tuhan – Yesaya 2:2-3;
  • orang-orang yang bersih tangan dan murni hatinya.  Hanya mereka yang diijinkan naik ke gunung Tuhan!  Mereka ini jua yang akan menerima berkat dari Tuhan – Mazmur 24:3-5;
  • orang-orang yang melayani, mengasihi, menjadi hambaNya; berpegang pada perjanjianNya.  Mereka inilah yang akan dibawa Tuhan ke gunungNya yang kudus dan beroleh kesukaan di rumah doaNya – Yesaya 56:6-7.

Haleluya!  Pastikan saudara dan saya tetap hidup dan ada di dalam Yesus, sampai kita bertemu Yesus Tuhan kita: muka dengan muka. Tuhan Yesus memberkati saudara!
 

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)