Ucapan Natal Dalam Berbagai Bahasa Dunia

Ucapan Selamat Natal di banyak negara di dunia memiliki berbeda. Ucapan Natal dalam bahasa Armenia adalah Shnorhavor Amanor yev Surb Tznund. Menuruti laman whychristmas, arti dari kalimat itu adalah Selamat untuk Kelahiran Kudus. Di Afghanistan, ucapan Natal adalah Christmas Mubarak, sedangkan dalam bahasa Arab adalah Eid Milad Majid, yang artinya Perayaan Kelahiran Mulia.

Christmas Mubarak juga digunakan dalam bahasa Farsi di Iran. Sementara itu, di Afrika ada tiga kalimat berbeda dari tiga suku utama. Di antaranya Krismasi Njema dalam bahasa Swahili, UKhisimusi Omuhle dari bahasa Zulu, serta Moni Wa Chikondwelero Cha Kristmasi dari suku Chewa.

Di Belanda menggunakan Prettig Kerstfeest atau Vrolijk Kerstfeest, yang juga digunakan di Belgia. Prancis mengucapkan Joyeux Noël dan Jerman memakai Frohe Weihnachten. Sheng Dan Kuai Le dalam Mandarin, tapi orang Kanton mengucapkan Seng Dan Fai Lok.

Kala Christouyenna dalam bahasa Yunani, dan Kellemes Karácsonyi Unnepeket di Hungaria. Buon Natale di Italia, Meri Kuri di Jepang. Lantas Korea Selatan menggunakan Meri Krismas atau Jeulgaeun Krismas Doeseyo.

Di Kanada, suku Indian Apache mengucapkan Gozhqq Keshmish, lalu suku Navajo adalah Nizhonigo Keshmish, Quvianagli Anaiyyuniqpaliqsi untuk suku Inuit, serta Alussistuakeggtaarmek dalam bahasa suku Yupik. Di Selandia Baru, suku Maori mengatakan Meri Kirihimete.

Feliz Natal atau Boas Festas di Portugal, dan Feliz Navidad atau Nochebuena di Spanyol. Orang Tagalog di Filipina mengatakan Maligayang Pasko, Suk Sarn Warn Christmas di Thailand, Mutlu Noeller di Turki, dan Muve neKisimusi di Zimbabwe.   

Sementara itu Selamat Hari Natal digunakan di Indonesia dan Malaysia.(sumber vivanews)

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil