Alasan Mengapa Telinga Tersumbat Saat Naik Pesawat

Pesawat merupakan salah satu transportasi yang dinilai paling cepat dan nyaman. Nah, tak jarang saat naik pesawat telinga akan terasa tersumbat.

Berkaitan dengan hal itu, dr Agus Subagio SpTHT mengatakan telinga yang tersumbat saat naik pesawat terjadi karena adanya tekanan negatif atau negative pressure pada telinga bagian tengah. Pada dasarnya tekanan bisa terjadi karena kondisi dari tubuh seseorang.

"Biasanya karena kondisi seseorang sedang tidak fit seperti pilek atau tenggorokan meradang. Jadi ketika pesawat naik akan mudah seseorang terkena negative pressure di telinga," ucap dr Agus.


Dr Agus menjelaskan, kondisi telinga bisa ikut meradang jika tekanan pada telinga dibiarkan. Sehingga ia menyarankan untuk mengobati kondisi tubuh yang tidak fit sebelum melakukan perjalanan udara.

"Jadi sebaiknya kondisi hidung atau telinga yang bermasalah diobati dulu apalagi kalau perjalanan jauh," sambung dokter yang praktik di RS Pondok Indah Puri Indah ini.

Lantas, benarkah menggunakan penutup telinga dapat mengurangi tekanan negatif? Menurur dr Agus secara teoritis hal tersebut tidak terbuktikan manfaatnya karena penutup telinga hanya bermanfaat untuk mengatasi kebisingan.

"Nah untuk mencegah negative pressure ya sebenarnya dengan mengobati kondisi badan dulu sebelum perjalanan," pungkas dr Agus. (DetikHealth)

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil