4 Manfaat Paparan Sinar Matahari

Meski studi menyebut bahwa sinar matahari dapat membuat kerusakan pada kulit dan pada beberapa kasus bahkan kanker, namun perlu diketahui bahwa tak berarti matahari selalu buruk untuk tubuh.

Paparan sinar matahari dibutuhkan oleh seseorang agar dirinya bisa memiliki vitamin D cukup. Berapa lama paparan sinar yang ideal memang belum diketahui pasti, oleh karena itu ahli menyarankan untuk rajin memakai krim tabir surya agar terhindar dari efek negatifnya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 4 manfaat sinar matahari untuk tubuh:

1. Cegah osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang mengalami pengeroposan akibat kekurangan kalsium dan vitamin D. Orang yang osteoporosis akan mudah mengalami cedera fraktur tulang dan sulit sembuhnya.

Dengan membiarkan sinar matahari mengenai wajah, leher, lengan dan kaki selama 10-15 menit maka tubuh bisa menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan. Vitamin ini kemudian akan meningkatkan penyerapan kalsium di usus dan transfer kalsium di membran sel yang berguna untuk kekuatan tulang.

2. Hindari depresi

Sinar matahari juga diperlukan untuk mengusir depresi. Jika seseorang tidak terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, lebih cenderung mengalami depresi yang disebut seasonal affective disorder (SAD).

Contoh dari hal ini misalnya pada saat musim hujan dan mendung seharian kadang seseorang bisa saja merasa suasana hatinya lebih sendu dari biasa.

3. Lawan TB

Sebuah studi yang dipimpin oleh peneliti Inggris telah menemukan bahwa dosis tinggi dari vitamin D yang dibuat dalam tubuh saat terkena sinar matahari bersama dengan pengobatan antibiotik mampu membantu pasien pulih lebih cepat dari penyakit paru-paru yang menular ini.

"Temuan menunjukkan dosis dari vitamin ini mampu meredam respons inflamasi tubuh terhadap infeksi, mengurangi kerusakan pada paru-paru," ujar Adrian Martineu yang memimpin penelitian sekaligus dosen senior untuk infeksi pernapasan dan kekebalan di Queen Mary University of London.

4. Jaga kesehatan jantung

Penelitian yang dilakukan oleh Edinburgh University menunjukkan hasil bahwa sinar matahari membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi berbagai risiko penyakit, seperti serangan jantung dan stroke.

Sinar ultraviolet (UV) yang ditemukan dalam sinar matahari diyakini mampu melepaskan suatu senyawa yang mampu menurunkan tekanan darah. Senyawa ini disebut sebagai nitric oxide atau oksida nitrat. Senyawa ini terpisah dari proses pembuatan vitamin D dalam tubuh, di mana prosesnya akan meningkat setelah terpapar sinar matahari. (DetikHealth)

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)