MEMBASUH KAKI

Kaki merupakan salah satu tempat berkumpulnya kuman karena kita sering berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, sehingga sering terkena debu atau kotoran-kotoran lainnya.  Salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan serta kesehatan kaki adalah dengan rutin mencucinya terutama setelah keluar rumah dan sebelum tidur.  Apalagi bila anda hanya mandi pagi hari saja, mencuci kaki sangat disarankan untuk dilakukan.  Mencucinya juga tidak cukup hanya menggunakan air . Gunakanlah sabun untuk mencuci kaki anda.  Selain itu, saat mencuci, usahakan untuk membersihkan sela-sela jari anda agar kuman tidak lagi mengganggu.

Membasuh kaki memang aktifitas yang penting bagi kesehatan.  Tak heran jika aktifitas ini dipelihara orang-orang Yahudi, mengingat di Timur Tengah kuno, jalan-jalan cenderung berdebu, sehingga membuat kaki kotor ketika melakukan perjalanan.  Pembasuhan kaki biasanya dilakukan oleh pembantu atau orang yang paling muda, anak atau istri.  Namun pembasuhan kaki juga merupakan simbol hospitality, yakni suatu sikap penerimaan atau pelayanan terhadap tamu.  Jika demikian, mengapa Yesus membasuh kaki para murid-Nya?  Tindakan Yesus tersebut memang seperti out of the box.  Namun sesungguhnya Yesus sedang mengajarkan para murid agar rendah hati dan saling melayani tanpa memandang latar belakang orang lain.

Intinya, dalam kehidupan sehari-hari Tuhan Yesus mau supaya kita rendah hati yang ditunjukkan dengan tindakan saling melayani sesama tanpa melihat perbedaan apapun termasuk status sosial yang sering dianggap sebagai jurang pemisah antara si kaya dan si miskin dalam masyarakat.

“Jadi jikalau Aku membasih kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu” (Yohanes 13:14). rp

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)